Terkadang kendala dalam sebuah jaringan, harus kita lakukan pengecekan awal (pengumpulan variabel masalah)/dokumentasi dalam upaya mempermudah seorang network engineer sebuah isp untuk pengecekan secara lebih mendalam.
Biarpun kita orang awam sekalipun, menggunakan cara yang sederhana ini akan membantu kita mengetahui sedikit tentang jaringan, jadi kita bisa mengetahui dan membantu dengan baik, jika kita ingin melaporkan kerusakan yang lebih parah ke network engineer, cara ini membantu mereka untuk lebih mudah memahami letak kerusakan dimana saat memperbaiki jaringan di rumah/kantor/sekolah kita.
Diandaikan jaringan internet keliatan normal, dan kita sepertinya terkoneksi dengan internet sama seperti sebelomnya, tetapi mengapa kita tidak bisa online? sepertinya ada kendala yang kita tidak mengetahui pasti dimana letak errornya, OK ini pemecahannya.
Pertama-tama, pastikan bisa membuka CLI(command line Interface) yaitu, suatu interface semacam dos berguna untuk memberi command khusus dalam windows. Gimana ya cara mengeluarkan CLI itu?
Dalam Windows XP,
klik Start > pilih RUN > ketik CMD ditempat yang disediakan > tekan Enter
Dalam Windows Vista/7 ,klik Start > ketikkan CMD dalam kolom start search> tekan Enter.
Maka muncullah CLI Window, standartnya sebuah command prompt dengan latar belakang hitam.
Langkah 1:
- ipconfig
Semua computer yang terhubung internet, internet , host jaringan, router pasti menggunakan IP Addres( Internet Protokol) sebuah identitas unik dari host/komputer/alat dalam terhubung dengan jaringan internet. Begitu juga dengan Web address dan DNS.Gimana caranya untuk mengetahui ip kita berapa?
Dari CLI window yang tadi dibuka dengan cmd,
ketik ipconfig > spasi > /all > enter.
Maka akan muncul seperti ini:
C:\Documents and Settings\Kruzz>ipconfig /all
Windows IP Configuration
Host Name . . . : Kruzz Home <----Host /Nama sebuah Pc
Primary Dns Suffix :
Node Type . . . . . . . . : Unknown
IP Routing Enabled. . . . . . : No
WINS Proxy Enabled. . . . . : No
Ethernet adapter Local Area Connection 2:
Media State . . . : Media disconnected <---Jika Internet terhubung dengan ethernet
Description . . . : Realtek PCIe FE Family Controller<-jenis ethernet card
Physical Address. : 00-E0-4C-37-06-07<----mac addres ethernet adapter ini lah identitas
PPP adapter ## Indonesia (##Unlimited): <-----Terhubung dengan sebuah internet melalui modem BB . . . . : WAN (PPP/SLIP) Interface
Physical Address. . . . . : 00-53-45-00-00-00<----mac addres modem bb yang konek ke jaringan.
Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : No
IP Address. . . . . . . . : 10.160.17.45<----- inilah IP address modem bb anda!
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.255
Default Gateway . . . . . . . . . : 10.160.17.45
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 112.215.26.194<---DNs Utama
112.215.26.195<---Dns Alternate
NetBIOS over Tcpip. . . . . . . . : Disabled
jadi kita mengetahui IP address dan DNS kita sekarang seperti yang tertera diatas.
Langkah 2:
- ping
IP address dan DNS akan selalu digunakan dalam terhubung dengan Internet. Oleh karena itu dengan command Ping kita akan mengetahui apakah sebuah komputer dengan jaringan internet bisa bertukar data(konek). Gimana cara kerjanya?
Selalu dimulai dari CLI window yang tadi dibuka dengan cmd,
ketik ping> spasi > masukkan host/web ipaddress/dns yang dituju >spasi> -t (digunakan untuk memperpanjang reply> enter.
Setelah beberapa reply atw kiranya cukup tekan Ctrl+C untuk mendapatkan statistik.
Maka akan muncul seperti ini: contoh kita mengecek ke detik .com (jaringan lokal)
C:\Documents and Settings\Kruzz>ping detik.com -t
Pinging detik.com [203.190.241.43] with 32 bytes of data:
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=376ms TTL=51 < selama 14 baris/lebih
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=265ms TTL=51 < tidak terdapat RTO(request time out)
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=264ms TTL=51 < berarti tidak adanya putus
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=263ms TTL=51 < di jaringan
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=272ms TTL=51
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=271ms TTL=51
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=260ms TTL=51
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=269ms TTL=51
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=258ms TTL=51
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=247ms TTL=51
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=248ms TTL=51
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=253ms TTL=51
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=262ms TTL=51
Reply from 203.190.241.43: bytes=32 time=251ms TTL=51
tekan Ctrl+Break untuk pause sebentar melihat statistic selama ping tertentu atw
tekan Ctrl+C: untuk menghentikan ping dan memuncul kan statistic total dari reply ping total.
Ping statistics for 203.190.241.43:
Packets: Sent = 14, Received = 14, Lost = 0 (0% loss),<-----tidak ada paket internet yang putus2
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 247ms, Maximum = 376ms, Average = 268ms<-------pantesan lelet karena delay internetnya sekitar average 268 permil second, yang seharusnya jika makin kecil makin baik.
Cara membacanya: diliat dari konstan adanya reply dari host detik.com tandanya tidak adanya jaringan RTO(request time out) ataw jaringan putus di tengah jalan selama sedetik, tetapi time=3 digit (semakin kecil semakin baik, normalnya 1 digit / 2 digit tergantung teknologi internet yang digunakan) penyebab mengapa speed internet kita kurang lancar karena mengalami delay selama 268 milisecond (ms).
Langkah ke 3
-nslookup
Tak hanya dalam mengecek ipaddress, dns pun sekiranya bisa kita cek, jika kita ingin mengetahui apakah website yang ingin kita buka mengalami kendala, ataw dari pihak kita yang mengalami kendala? caranya?
- dapatkan dns website yang ingin kita buka,
- bandingkan ping antara ip address dan dns mereka
- jika mengalami perbedaaan "sangat besar" di time dan lamanya ping yang rto(tidak stabil)
untuk mendapatkan dns web yang dituju caranya:
selalu dimulai dengan CLI kemudian ketik nslookup>ipaddres yang dituju>enter:
C:\Documents and Settings\Kruzz>nslookup detik.com
DNS request timed out.
timeout was 2 seconds.
*** Can't find server name for address 112.215.26.194: Timed out<---- host pc kita
*** Can't find server name for address 112.215.26.195: Non-existent domain
*** Default servers are not available
Server: UnKnown
Address: 112.215.26.194<---------host pc kita
\
Non-authoritative answer:
Name: detik.com<--------------------- host nya alamat yang dituju
Addresses: 203.190.242.69, 203.190.241.43<-ip address/dns alamat yang dituju.
ping kedua-duanya dengan cara yang sama bandingkan jumlah ping antara ip address dan dns serta time delaynya.
Jika hampir sama ataw tidak berbeda jauh tandanya, problem bukan terjadi di website yang dituju tapi bisa jadi di dalam jaringan anda sendiri
Jika berbeda bisa jadi website yang dituju sedang maintenance ataw sedang mengalami gangguan di dalam jaringan mereka ataw juga bisa terjadi internetworking antar jaringan-jaringan yang menghubungkan kita dengan website yang dituju ada gangguan, Oleh karena itu mari kita bahas langkah selanjutnya:
Langkah ke 4
-tracert (trace route internetworking)
Tracing the route yaitu melihat/mengintip jejak antar network dari kita ke IP address/dns yg dituju.
Gunanya untuk melihat hop/ lompatan berapa network yang kita mesti lewatin ke ip address yang dituju dan adakah kendala RTO di stiap hop.Gimana caranya???
Selalu dimulai dari CLI window yang tadi dibuka dengan cmd, ketik tracert> spasi >masukkan host/web /ipaddress/dns yang dituju>Enter.
Maka akan muncul seperti ini: contoh tracert ke detik .com (jaringan lokal)
C:\Documents and Settings\Kruzz>tracert 203.190.241.43
Tracing route to 203.190.241.43 over a maximum of 30 hops (maximum hops yang ditampilkan)
1 129 ms 120 ms 121 ms 10.193.203.130 <------IP address Host PC/Modem/NIC kita
2 2274 ms 439 ms 469 ms 10.193.203.137<------Gateway
3 349 ms 479 ms 439 ms 172.29.10.38
4 348 ms 440 ms 459 ms 172.29.24.4
5 378 ms 479 ms 489 ms 172.29.24.23
6 376 ms 449 ms 459 ms 172.29.24.65
7 389 ms 429 ms 449 ms 172.29.24.11
8 337 ms 439 ms 459 ms 172.29.10.66
9 379 ms 449 ms 411 ms 172.25.254.30
10 370 ms 449 ms 479 ms 202.152.240.180
11 357 ms 439 ms 459 ms 112.215.26.69
12 328 ms 469 ms 469 ms giga-0-0.openixp.net [218.100.27.129]<-Internetwork local link
13 378 ms 459 ms 419 ms detik.openixp.net [218.100.27.192]<Internetwork local link
14 408 ms 469 ms 459 ms 203.190.244.2
15 348 ms 429 ms 470 ms 203.190.241.43 <Ip address/DNs yang dituju
Trace complete.
sepertinya tidak terjadi RTO antar hops, nah sekarang jika emang ada kendala pasti akan terjadi RTO di tengah dan tidak hopsnya akan putus di tengah.
nah mengapa pingnya masi besar? berarti kendala terjadi di dalam network kita.
Langkah 5
- pemahaman plus minus sarana penghubung ke internet.
stiap media/penghubung kita ke dunia maya, pasti mengalami plus minusnya, dari pengalaman
pribadi dan dokumentasi berikut kendala yang terjadi di lapangan:
- modem baik flashdisk maupun BB (3,5 G/HSDPA/EDGE)
modem yang terhubung ke internet membutuhkan BTS sebagai pengirim gelombang signal.
perlu diingat BTS ini mempunya jarak yang cukup besar (WAN/Wide Area Network), tetapi keterbatasannya signal/gelombang yang dipancarkan tidak bisa dengan baik menembus beton rumah/gedung, jarak yang cukup jauh, cuaca yang sangat buruk , tekstur daerah yang naek turun, penuhnya traffic internet yang terkadang mempengaruhi BTS di sekitar kita.
- Radio Point To Point Ethernet
sama seperti diatas, ditambah penggunaan radio diatas ketinggian tertentu dalam cuaca buruk bisa mengakibatkan guntur yang menyambar radio tersebut, signal antar radio yang saling bertabrakan, penggunaan alat penguat seperti booster yang menganggu signal yang kita dapatkan, ijin rt/rw yang susah...
- Fiber Optik
berbeda dengan teknologi sbelomnya, Fiber Optik tidak sering mengalami kendala langsung di lapangan, kecuali modem/ethernet card/switch/router kita atw Hardware yang menghubungkan ke jalur fo yg masalah.
Langkah 6:
pengdokumentasian / pengumpulan variabel
Langkah terakhir untuk mempermudah kita melaporkan kendala jaringan kepada yang lebih berpengalaman dalam mengurus jaringan yaitu Network Engineer atw NOC(Network Office Centre), maka kita sebagai user dari sebuah ISP(Internet Service Provider) ataw penyedia Jasa Jaringan Internet, sekiranya membuat pelaporan/dokumentasi dalam bentuk tertulis dan disertai bukti.
caranya sebagai berikut:
Setelah pengecekan ping ip address maupun dns/tracert dari CLI window yang tadi dibuka dengan cmd, stelah dapat hasilnya kita lakukan copas, dengan cara:
klik kanan dalam window CLI>klik Mark>Blok semua tulisan dengan shift>Enter (jgn ctrl+C).
terus paste semua ke dalam bentuk notepad/word dan ditambahin komentar dan website yang dituju.
silahkan bisa dikirim pake email ataw disampaikan langsung tertulis.
Ok, selesai sudah, langkah-langkah ini dibuat semudah mungkin untuk dapat dimengerti oleh orang awam sekalipun atw praktisi yang ingin belajar networking. Selamat Mencoba ...
Referensi:
- Dinspirasi oleh Artikel"Solve Remote Network Connection Problem" Dari Majalah PC Today,Edisi Oktober-November 2011,
- Dinspirasi oleh Artikel"Solve Remote Network Connection Problem" Dari Majalah PC Today,Edisi Oktober-November 2011,
- Melalui observasi dan pengalaman menjadi Technical Support.
Nice Info mas,
BalasHapusBR
Achmad Fadhillah
http://p4d1l.blogspot.com/